Rabu, 18 Juli 2012

Sosok Fenomenal Dahlan Iskan - Bagian 3

by tm2k

Eng ing eeeng..saya pernah kultwit bahas tentang kehebatan akun @ratu_adil. Bagaimana dia bisa tahu dan bocorkan hasil rapat istana terkait Petral? Tanggal 15 Mei 2012, tidak sampai 18 jam setelah rapat rahasia Presiden, 5 menteri dan dirut Pertamina, @ratu_adil bisa bocorkan ke publik. Rapat mendadak dan rahasia di istana itu sebenarnya khusus membahas 3 hal : isu miring seputar pengangkatan direksi Pertamina, isu tentang rencana pengalihan impor BBM RI dari Petral dan isu2 korupsi di Pertamina dan Petral yang dilontarkan akun @TrioMacan2000.

Khusus tentang info korupsi yang dituduhkan @TrioMacan2000, sebelumnya Presiden SBY sudah perintahkan staf khusus istana untuk print twit2 TM2000. Disisi lain, Presiden juga sudah menerima laporan dugaan korupsi itu dari satu lembaga intelejen negara. SBY cukup info untuk bahas di rapat. Makanya sangat mengejutkan SBY dan istana ketika rapat rahasia itu bisa bocor ke publik melalui twit2 @ratu_adil . SBY marah besar. Menteri2 yang hadir dalam rapat rahasia itu saling curiga dan jadi sasaran kemarahan Presiden. Siapa yang membocorkan? Kenapa berani? Motifnya?

SBY sempat curigai Jero Watjik yang bocorkan rapat rahasia itu dengan laporkan hasil rapat ke Hatta Rajasa (yang saat itu berhalangan hadir). Sebab itu ketika hari Sabtu saat SBY ketemu Hatta Rajasa, SBY tanya pada Hatta apakah dia bocorkan rapat penting itu. Hatta kaget! Hatta bantah keras dan katakan dia tidak pernah bocorkan rapat rahasia itu dan rapat2 lain yang mana pun. SBY percaya. Hatta ga mungkin bohong.

Lalu SBY tugaskan lembaga intelejen untuk cari tahu siapa sesungguhnya yang jadi pembocor rapat rahasia itu. Sebelum lembaga intelejen bekerja dan dapat hasilnya, akun @TrioMacan2000 sempat dituduh sebagai pembocor dan berkomplot dengan @ratu_adil. Akibatnya admin @TrioMacan2000 sempat "diculik" staf istana dan "diinterogasi" terkait kebocoran rahasia negara itu. Hasilnya: CLEAR. Saya bisa buktikan bahwa saya tidak ada hubungan dengan @ratu_adil . Saya juga bisa buktikan bahwa saya hanya meretwit kembali twit2 @ratu_adil. Namun, kegusaran SBY tidak berlangsung lama. Lembaga intelejen sudah beri laporan ke Presiden tentang siapa itu admin @ratu_adil sang pembocor. Selain menyampaikan data2 tentang admin @ratu_adil ke Presiden, juga disampaikan analisa tentang motif dan tujuan pembocorannya.

Tadi malam saya dapat bocoran tentang hasil laporan ke Presiden tersebut. Saya fikir ada baiknya publik tahu melalui twitland sebagai pencerahan. Dari hasil laporan lembaga intelejen ke Presiden tersebut disebutkan bahwa admin @ratu_adil adalah orang dekat @iskan_dahlan sendiri. Saya menduga orang yang dimaksud adalah salah seorang penulis naskah tulisan @iskan_dahlan yang sering dimuat di media massa. Disebutkan ada beberapa motif @iskan_dahlan membocorkan rapat istana yang sangat rahasia ke publik. Diantaranya: memojokan SBY, selain memojokan SBY, juga untuk menghantam menteri2 lain, menaikan citra Dahlan Iskan sekaligus jadi bumper agar dia tidak dipecat SBY. Selain bocorkan rapat istana itu, @iskan_dahlan melalui orang2 dekatnya juga meniupkan isu rencana pengunduran dirinya dari kabinet. Isu itu ditiupkan dengan kesan dan giring opini publik bahwa @iskan_dahlan sudah siap mundur namun BATAL karena dicegah oleh orang2 dekatnya.

Dalam rapat rahasia SBY, menteri2 dan dirut Pertamina itu, diumbar kemarahan SBY yang merasa dirinya telah dilecehkan @iskan_dahlan. Teguran SBY ke @iskan_dahlan : " kenapa saya dianggap seolah2 tidak ada?" itu terkait dengan penunjukan direksi Pertamina oleh menBUMN. Sebelumnya, SBY juga menerima keluhan dari MenESDM Jero Watjik tentang kelancangan @iskan_dahlan yang angkat direksi Pertamina tanpa konsultasi. Bahkan pengangkatan direksi Pertamina oleh @iskan_dahlan dan juga direksi2 BUMN strategis lainnya juga telah langgar inpres No. 9/2005. Selain Pertamina, sebelumnya @iskan_dahlan juga angkat direksi BUMN2 strategis lainnya seperti PTPN III (rencana holding BUMN Perkebunan). Juga pengangkatan Dirut PT. RNI yang juga langgar inpres No. 9/2005. Inpres ini mengharuskan direksi BUMN2 strategis harus lolos TPA dulu.

TPA atau Tim Penilai Akhir adalah lembaga yang menilai apakah seseorang layak jabat posisi eselon I dan dirut BUMN2 startegis/besar. TPA ini diketuai oleh Presiden, wakil ketua Wapres, sekretaris mensesneg dengan anggota2 menteri terkait dan Ka BIN. menBUMN @iskan_dahlan selalu abaikan TPA dan langgar Inpres. Termasuk pengangkatan direksi Telkom dan PGN (perusahaan gas negara). Sikap Dahlan Iskan yang tabrak aturan itu memang sudah dapat teguran keras dan jadi peringatan terakhir dari Presiden ke @iskan_dahlan. Oh ya Presiden juga sdah tahu tentang accident pelemparan kursi di jalan tol beberapa waktu yang lalu yang ternyata @iskan_dahlan sendiri yang menulis.

Insinden pelemparan kursi jalan tol dulu yang sempat menghebohkan itu, ditulis sendiri beritanya oleh @iskan_dahlan & dikirim ke humas BUMN. Kemudian oleh humas BUMN disebarluaskan dan dikesankan se-olah2 ada wartawan yang kebetulan meliput kejadian tersebut. Pencitraan??

Dahlan Iskan memang jagonya pencitraan. Dia juga ngomong ke orang2 terdekatnya: Pencitraan itu No. 1. Jika citra bagus, bisa buat apa saja. Dengan jaringan media luar biasa besar dan sekarang juga didukung oleh Chairul Tandjung melalui media Detik grup, DIS selalu jadi newsmaker. DIS jadi menteri BUMN karena rekomedasi dan permintaan Chairul Tanjung yang memang punya kesepakatan dengan SBY bahwa CT berhak endors MenBUMN. Coba perhatikan baik2, setiap saat http://t.co/UsbXF0Kc selalu muat berita tentang @iskan_dahlan. Mulai dari penonjolan sisi humanisme, sampai kepada laporan2 "kinerjanya" yang masih sebatas janji2 muluk & angin sorga. BUMN2 yang ada sejatinya malah ga pernah diurus oleh DIS.

Sekarang ada lagi kebijakan @iskan_dahlan yang cukup menghebohkan. Dia tunjuk orang India untuk jadi penasihat keuangan dan investasi di BUMN2. Penunjukan itu melanggar aturan dan dimulai diketahui bahwa penasihat keuangan BUMN asal India itu bermaksud "jualan" produk investasi. Banyak pihak yang khawatir, pengangkatan orang India itu bertujuan keruk uang investasu BUMN2 kita yang jumlahnya ratusan triliun.

Patut disimak publik juga tentang peran Abdul Azis staf khusus MenBUMN @iskan_dahlan . Sekarang seperti menBUMN bayangan. Azis titipan CT. Aziz adalah mantan dirut PT. Para Finance salah 1 perusahaan Chairul Tanjung. Dulu @iskan_dahlan pernah bilang dia ga butuh staf khusus. Penolakan tegas @iskan_dahlan terhadap kehadiran staf khusus menteri sempat dimuat di berbagai media. Publik pun simpati padanya. Namun, kenyataannya? DIS tetap pakai staf khusus utamanya Azis untuk akomodasi kepentingan2 Chairul Tanjung sang Majikan Dahlan Iskan. Tak cukup disitu, @iskan_dahlan juga bawa orang2nya dari Jawapos Grup ke KemenBUMN yang bertindak malah lebih parah daripada staf khusus2.

Setelah @iskan_dahlan beberapa kali off side, kena peringatan keras dan akhirnya peringatan terakhir oleh Presiden, sekarang dia "lepas tangan". Sekarang @iskan_dahlan tidak mau terlalu cawe2 urus BUMN dan tunjuk direksi BUMN. Dia utamakan sisi publikasi dan pencitraan diri saja. Akibatnya, wamen BUMN M. Yasin yang banyak berperan dalam penunjukan direksi BUMN, loby2 dan terima setoran2 suap dari para kandidat. Sementara pejabat2 dan staf2 KemBUMN lainnya ambil posisi netral dan wait n see melihat kondisi kemenBUMN yang semakin ga menentu itu. Semua pejabat2/staf kemenBUMN sudah memprediksi bahwa pergantian @iskan_dahlan sebagai menteriBUMN hanya tunggu waktu saja. Pasti terjadi. DIS sendiri sudah paham sekali kemungkinan itu dan membuatnya semakin nekad bermanuver untuk naikan citra dan popularitasnya di mata publik. Publik yang awam dan tidak tahu kondisi sebenarnya, agenda tersebunyi @iskan_dahlan dan permainan politik menuju 2014, mudah terperdaya.

Dengan dukungan 185 koran/surat kabar, 54 TV lokal, sejumlah media online & juga http://t.co/NncaoRLb & Trans TV dll, Opini bisa dibentuk. Untunglah ada socmed yang gratis dan tidak bisa di dikte. Meski sungguh perjuangan luar biasa berat bagi socmed untuk bisa melawan media2 itu. Namun, prinsipnya adalah : sampaikan kebenaran meski itu pahit. Meski harus melawan mainstream/arus opini utama demi pencerahan publik. Berhasil atau tidak, biarlah Allah yang menentukan. Yang penting rakyat harus tahu bahwa ada "sesuatu" dibalik pencitraan DIS yang by desain itu. Semakin lama semakin banyak orang2 yang kenal persis tentang sifat & karakter @iskan_dahlan mulai bicara. Memberikan fakta yang sesungguhnya. Kebohongan selalu ditutupi dengan kebohongan lainnya. Terus begitu sampai publik tahu dan sadar telah dibohongi. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar